"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Sunday 15 December 2019

Jenis-Jenis Sumur Minyak

Di dunia perminyakan umumnya dikenal 3 jenis sumur:
Pertama, sumur eksplorasi (sering disebut juga wildcat) yaitu sumur yang dibor untuk menentukan apakah terdapat minyak atau gas di suatu tempat yang sama sekali baru.
Sumur Minyak Eksplorasi
Jika sumur eksplorasi menemukan minyak atau gas, maka beberapa sumur konfirmasi (confirmation well) akan dibor di beberapa tempat yang berada di sekitarnya untuk memastikan apakah kandungan hidrokarbon cukup untuk dikembangkan.
Ketiga, sumur pengembangan (development well) adalah sumur yang dibor di suatu lapangan minyak yang telah eksis . Tujuannya untuk mengambil hidrokarbon semaksimal mungkin dari lapangan tersebut.
Istilah persumuran lainnya.
Sumur produksi, sumur yang menghasilkan hirdrokarbon, baik minyak, gas  ataupun keduanya. Aliran fluida dari bawah ke atas.
Sumur injeksi, sumur untuk menginjeksikan fluida tertentu ke dalam formasi (lihat Enhanced Oil Recovery ). Aliran fluida bari atas ke bawah.
Sumur vertical, sumur yang bentuknya lurus dan vertical.
Sumur berarah (deviated well, directional well), sumur yang bentuk geometrinya tidak lurus vertical, bisa berbentuk huruf S, J, atau L)
Sumur horizontal, sumur dimana ada bagian yang berbentuk horizontal. Merupakan bagian dari sumur berarah.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button