"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Wednesday 6 November 2019

Maaf, Tolong dan Terima Kasih adalah cara untuk Belajar mencintai dan menyanyangi bumi dengan sederhana. #PertaminaSayangiBumi

Maaf Bumi kami yang tak berterima kasih

Setelah kasus yang menghebohkan dan memalukan bagi kita disaat yang bersamaan . 
Paus dengan panjang 9.5 m ini ditemukan membusuk dengan 5,9 kilogram sampah plastik. Berita ini membuka fakta tentang pencemaran polusi laut Indonesia. Menurut Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  sejak tahun 2016 Indonesia “Berprestasi“ sebagai negara penyumbang sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia setelah China.Dengan  volume data sampah yang  mencapai 66,5 juta ton selama tahun 2018, dan sebagian besar berasal dari plastik sampah rumah tangga.
Tolong lakukan beberapa hal sederhana ini
Netizen Indonesia heboh dan ramai berkomentar seperti biasanya . Namun kamu sebagai pemuda terbaik tidak cukup hanya berkomentar ria. Berikut beberapa cara sederhana untuk mencintai bumi kita, cara yang murah, sehat dan hemat.
1. Membawa Tas Ecobag Sendiri
Dengan membawa tas belanja sendiri kamu telah berperan aktif untuk mengurangi sampah plastik. Kita hitung misalkan dalam satu minggu kamu berbelanja 3 kali, maka dalam satu tahun kamu telah berperan aktif mengurangi 156 buah kantung plastik, jumlah yang tidak sedikit bukan ?
Sejak kantong plastik berbayar  kamu juga bisa berhemat. Coba kita hitung (Rp.200,- x 156) = Rp.31.200,- tidak banyak memang tetapi tentu lumayan untuk jajan bakso langganan. Pertamina juga ikut berperan aktif untuk mengurangi penggunaan plastic melalui berbagai kampanye. Salah satunya adalah acara Fun Bike Beat Platic RU III yang diselenggarakan pada Sabtu, 5 Oktober 2019.

Untuk memperingati Ulang tahun pertamina pada tahun 2019 Pertamina juga mengadakan Event Olahraga dan kampanye pengurangan sampah platik melalui kegiatan Pertamina Eco Run 2019. 

Teman-teman juga bisa daftar acara ini melalui link berikut: Pertamina Eco Run 2019
Dapat sehatnya , dapat kampanyenya , cintai bumi. Mungkin saja YouGuys bisa bertemu Cintanya.
2. Membawa Bekal dengan Kotak Makan
Daripada beli makanan di luar mending kamu bawa bekal makan sendiri. Banyak faedah yang kamu peroleh, diet kantong platik tentu, hemat kan lumayan buat modal nikah dan apalagi masakan istri tercinta. Sehat dan romantisnya nambah.
3. Kurangi  Penggunaan Tisu Basah
Sebagai informasi tisu basah berbeda dengan tisu kering, tisu basah terbuat dari bahan resin yang susah terurai. Belajar untuk menggunakan kain lap, saputangan dan jika memang terpaksa gunakanlah tisu kering. Perilaku sederhana ini bisa membuatmu berhemat tidak sedikit loh. Mari kita hitung, misalkan dalam satu minggu kamu menghabiskan tisu basah seharga Rp. 6.000,-maka dalam satu tahun kami bisa berhemat (Rp.312.000,-),ekonomis dan cinta lingkungan.
4. Menghemat penggunaan listrik
Biasakan untuk mematikan lampu di siang hari. Selain menghemat biaya listrik, hal sederhana tersebut juga berpengaruh baik terhadap bumi kita.
5. Kurangi penggunaan kertas Gunakan recycle paper untuk menghemat penggunaan kertas
6. Meminimalisir penggunaan kendaraan
Perbanyak olahraga sederhana dengan berjalan kaki dan gunakan kendaraan ramah lingkungan, misalnya sepeda. Pertamina mengajak para karyawannya untuk bergerak aktif dan sehat dalam program SeBuSe Move More Challenges 

7. Pasang lampu hemat energi dan tidak menyalakan lampu di siang hari

8. Bijaklah dalam menggunakan air

Berhemat air punya dampak besar dalam menjaga kelestarian lingkungan.

9. Mendaur ulang sisa-sisa sabun

Sabun sisamu dapat kamu cairkan dan gunakan kembali.

10. Menggunakan Produk dengan yang dikemas dengan Beling Kaca

Produk yang dikemas dengan beling dapat kamu gunakan kembali wadah kaca itu. Sehingga dapat ikut mengurangi penggunaan plastic

11. Bawa Botol Minum Sendiri

Bawa botol minum sendiri, selain untuk memastikan agar asupan cairan kamu tercukupi, kamu juga dapat berhemat dan mengurangi penggunaan plastik.

12. Tidak Lagi Menggunakan Sedotan untuk Minuman di Restoran Cepat Saji, Cafe atau Tempat Jualan Minuman

13. Menanam Pohon

Mulailah untuk berkebun dan menanam pohon.

14. Belajar Cara Daur Ulang Sampah Plastik

Pertamina RU III juga berperan untuk mengubah sampah menjadi berkah melalui Patratura. Sampah yang diolah dapat memberikan nilai lebih secara ekonomis. 

15. Menyebarkan virus cinta lingkungan di Sosial Media.

Mari sebarkan virus cinta lingkungan melalui tindakan sederhana, sesederhana menyebarkan postingan ini di media sosial kamu. Mari jaga dan cintai bumi kita tercita ini.

Jika kamu mencintai sesuatu maka kamu akan menjaga dan merawatnya. Pertamina Sayangi Bumi telah berupaya menunjukan rasa sayang kepada bumi. Namun, Pertamina saja tidak cukup, dibutuhkan usaha dari segenap penduduk bumi, termasuk kamu.

#pertaminaemployeejournalism #pertamina #energiuntukmaju #pertaminasayangibumi

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button