"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Friday 29 September 2017

Gas bumi

Apa yang dimaksud dengan gas bumi ?

Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari proses penambangan Minyak dan Gas Bumi.

Apa yang dimaksud dengan Bahan Bakar Gas ?

Bahan Bakar Gas adalah gas bumi yang telah dimurnikan dan aman, bersih, andal, murah. BBG digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Komposisi BBG sebagian besar terdiri dari gas metana dan etana kurang lebih 90% dan selebihnya adalah gas propana, butana, nitrogen dan karbondioksida. BBG lebih ringan dari udara dengan berat jenis sekitar 0,6036 dan mempunya nilai oktan 120. 

Sejauh mana aplikasi dan penggunaan BBG di Indonesia ?

Di Indonesia, BBG telah diuji coba oleh suatu tim evaluasi teknis Proyek Percontohan Bahan Bakar Gas dengan hasil baik dan laik untuk dipakai pada kendaraan transportasi. Segala merk/type kendaraan dapat menggunakan BBG, dengan memasang peralatan tambahan yang disebut 'Conversion Kit'. Bila diperlukan, kendaraan BBG dapat kembali menggunakan Bahan Bakar Minyak hanya dengan memutar tombol penyeleksi bahan bakar (2 sistem). Saat ini, Busway, beberapa operator Taksi, dan Bajaj rekondisi di Jakarta juga sudah menggunakan BBG. 

Seberapa besar efisiensi gas alam dibandingkan dengan energi lainnya ? 

Efisiensi pembakaran gas alam lebih tinggi daripada bahan bakar fosil lainnya, seperti bahan bakar minyak dan batubara dan emisi gas dari pembakaran gas alam jauh lebih rendah daripada bahan bakar fosil lain karena emisi Nitrogen Oksida (NO x ), Sulfur Dioksida (SO 2 ), dan karbon yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada standar emisi. Bahan bakar minyak dan batubara juga menghasilkan partikel debu ke udara. Tabel.1 adalah tabel tingkat emisi bahan bakar fosil dalam pon/miliar Btu dari input energi. 

Tabel 1. Tingkat Emisi Bahan Bakar Fosil (Pound/ Miliar BTU)

Polutan
Gas Alam
Minyak
Batubara
Karbondioksida (CO 2 )
117.000
164.000
208.000
Karbonmonoksida (CO)
40
33
208
Nitrogen Oksida (NO x )
92
448
457
Sulfur Dioksida (SO x )
1
1.122
2.591
Partikel
7
84
2.744
Merkuri
0
0,007
0,016

Apa yang dimaksud dengan LPG ? 

LPG (Liquefied Petroleum Gas) adalah gas hidrokarbon yang dicairkan dengan tekanan untuk memudahkan penyimpanan, pengangkutan, dan penanganannya yang pada dasarnya terdiri atas propana (C 3 H 8 ), butana (C 4 H 10 ), atau campuran keduanya. 

Apakah aplikasi dan penggunaan LPG ? 

LPG digunakan sebagai pengganti freon, aerosol, bahan pendingin (refrigerant/cooling agent), kosmetika, bahan bakar dan juga digunakan sebagai bahan mentah untuk pro . 

Bagaimana penggolongan LPG menurut penggunaannya ? 

• LPG Mix, merupakan campuran antara propana (C 3 H 8 ) dan butana (C 4 H 10 ) dengan komposisi antara 70-80% dan 20-30% volume dan ditambahkan oleh odoran/ pembau (mercaptant). Umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk rumah tangga.

• LPG Propana, merupakan LPG yang mengandung propana 95% volume masing-masing dan ditambahkan dengan odoran/ pembau (mercaptant). Umumnya digunakan untuk industri.

• LPG Butana, merupakan LPG yang mengandung butana 97,5% volume dan ditambahkan dengan odoran/ pembau (mercaptant). Umumnya digunakan untuk industri. 

Apa yang dimaksud dengan LNG ?

LNG adalah gas bumi yang terutama terdiri dari metana yang dicairkan pada suhu sangat rendah (sekitar -160ยบ C) dan dipertahankan dalam keadaan cair untuk mempermudah transporasi. 

Apa yang dimaksud dengan pengangkutan gas bumi melalui pipa ?

Pengangkutan gas bumi melalui pipa adalah kegiatan menyalurkan gas bumi melalui pipa meliputi kegiatan transmisi dan/atau transmisi dan distribusi melalui pipa penyalur dan peralaan yang dioperasikan dan/atau diusahakan sebagai suatu kesatuan sistem . 


Gas Bumi PGN 
Sumber : https://ekbis.sindonews.com

Apa yang dimaksud dengan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional ?

Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional adalah dokumen mengenai rencana pengembangan dan pembangunan jaringan transmisi dan distribusi gas bumi dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dapat disesuaikan. 

Bagaimana penentuan harga gas bumi ?

Penentuan harga gas bumi tidak seperti penentuan harga pada minyak bumi yang berdasarkan pada harga minyak mentah dunia. Tidak ada persetujuan harga internasional gas bumi pada negara produsen. Saat ini, harga gas bumi ditentukan sendiri oleh persetujuan antara negara produsen dan negara. 

Dimanakah jalur transmisi pipa gas di Indonesia ? 

Tabel 2. Jalur Transmisi Pipa Gas di Indonesia

No
Nama Jalur Pipa
Lokasi
Keterangan
1
Offshore-Lhokseumawe
Aceh
Plant LNG
2
Onshore-Lhokseumawe/Arun
Aceh
Plant LNG/Industri
3
Badak-Bontang
Kalimantan Timur
Plant LNG
4
Field-Badak-Bontang
Kalimantan Timur
Pemrosesan Gas
5
Offshore-Jawa Barat
Jawa Barat
Platform
6
Grissik Field
Sumatera Selatan
Ke Jalur Penjualan

Dimanakah jalur penjualan pipa gas di Indonesia ? 

Tabel 3. Jalur Penjualan Pipa Gas di Indonesia

No
Nama Jalur Pipa
Lokasi
Keterangan
1
Offshore-Tj.Priuk/MuaraKarang
Bagian Utara Jawa
Power Plant
2
Cilamaya-Cilegon
Jawa Barat
Industri
3
Pagerungan-Gresik
Jawa Timur
Power Plant/Industri
4
Prabumulih-Palembang
Sumatera Selatan
Power Plant/Industri
5
Grissik-Duri
Sumatera
Fasilitas di Duri
6
Natuna-Singapore
Laut Cina Selatan
Ekspor/Power Plant
7
Grissik-Sakeman
Riau
Transmisi
8
Sakeman-Batam-Singapura
Sumatera
Ekspor/Power Plant

Apakah komposisi dari gas alam ? 

Secara umum, komposisi dari gas alam sebelum dimurnikan adalah : 

Nama Gas
Senyawa
Komposisi
Metana
CH 4
70-90%
Etana
C 2 H 6
0-20%
Propana
C 3 H 8
Butana
C 4 H 10
Karbondioksida
CO 2
0-8%
Oksigen
O 2
0-0,2%
Nitrogen
N 2
0-5%
Hidrogen Sulfida
H 2 S
0-5%
Gas-gas yang jumlahnya sedikit
A, He, Ne, Xe
sedikit

Mengapa harga bahan bakar gas lebih murah daripada harga bahan bakar minyak ?

Tidak seperti minyak bumi yang memerlukan proses yang kompleks untuk mengubahnya menjadi energi, gas alam hanya menggunakan teknologi yang sederhana setelah dieksploitasi. Proses yang pendek ini menyebabkan harga bahan bakar gas lebih murah daripada bahan bakar minyak. Gas alam juga tidak memerlukan tempat penyimpanan karena sistem pemipaan sendiri sudah berfungsi sebagai penyimpanan gas. Penggunaan sistem pemipaan sangat menguntungkan pelanggan karena tidak ada biaya fasilitas penyimpanan. 

Dimanakah produsen LNG di Indonesia ? 

• PT Arun NGL, Aceh
• PT Badak NGL, Bontang 

Dimanakah produsen LPG di Indonesia ? 

• Arun
• Badak
• Arjuna
• Santan
• Jabung
• Mundu
• Arar Sumbagut 

Apakah Minyak Bumi dan BBM (Bahan Bakar Minyak) ? 

Minyak Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa cair atau padat, termasuk aspal, lilin mineral atau ozokerit, dan bitumen yang diperoleh dari proses penambangan, tetapi tidak termasuk batubara atau endapan hidrokarbon lain yang berbentuk padat yang diperoleh dari kegiatan yang tidak berkaitan dengan kegiatan usaha Minyak dan Gas Bumi. 

Apakah BBM itu ? 

BBM adalah bahan bakar yang berasal dan/atau diolah dari Minyak Bumi. 

Apa saja jenis-jenis BBM ? 

• Avtur 
• Avgas 
• Minyak Tanah 
• Minyak Bakar 
• Minyak Diesel 
• Bensin 
• Solar 

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button