"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Sunday 23 July 2017

Resensi Buku: Orang Kaya Dijamin Masuk Surga Inspirasi Abdurrahman bin Auf


Resensi Buku Islam
Identitas Buku 

Judul Buku                   : Orang Kaya Dijamin Masuk Surga Inspirasi Abdurrahman bin Auf
Nama Penulis               : Rahmat Fadilah
Pemeriksa Aksara        : Rifka R
Tata Letak                    : The Ristanto
Kulit Muka                   : @Amazing Kreatif
Penerbit                        : Syalmahat Publishing
Dimensi Buku              : 14 cm X 20,5 cm
Jumlah Halaman           : X + 182 hlm
Harga Buku                   : Rp.54.000,00
Cetakan                         : Cetakan Pertama
Tahun Terbit                 : 2016
Kode ISBN                    : 978-602-72278-9-7

Mozaik Satu : Kelahiran Abdurrahman Bin Auf
Abdurrahman Bin Auf adalah salah satu sahabat dari lima orang pertama atau Assabiqunal Awwalun yang menerima agama islam. Pada bagian mozaik pertama buku ini akan menceritakan kelahiran Abdurrahman bin Auf yang dimulai dari silsilah kelahiran beliau, pada bagian ini akan membahas kehidupan Abdurrahman yang meskipun hidup dalam lingkungan jahiliyah namun ia tidak terkontaminasi kebodohan kaummnya. Abdurrahman bin Auf dikaruniai oleh Allah dengan karunia fisik,keuangan,dan nasab yang baik. Saat mendengar kabar tentang dakwah Rasullulah,Abdurahman segera mendapatkan hidayah 2 hari setelah Abu Bakar Ash-Sidiq menyatakan keislamannya. Karena Sejak Awal Abdurrahman telah mendambakan sosk yang dapat menjadi pembaharu bagi kebobokan moral kaumnya.

Mozaik Dua : Perjalanan Hidup Abdurrahman bin Auf
Pada bagian mozaik kedua buku ini membahas mengenai rangkaian kehidupan Abdurrahman bin Auf. Baik kisah tentang Abdurrahman yang ikut berhijrah bersama Rasullulah SAW dan disertai dengan keimananya hingga rela meninggalkan semua harta yang ia miliki di kota Makkah. Kisah Inspiratif tentang persaudaraan sesama muslim yang mencintai karena Allah saat Abdurrahman dipersaudarakan oleh Rasullulah dengan Saad bin Rabi’ Al-Anshory. Bagaimana Abdurrahman tidak berhati picik dengan memanfaatkan kesempatan dan tetap menjaga harga dirinya. Hingga Akhirnya menjadi salah satu sahabat yang dikaruniai harta yang berlimpah. Pada bab ini juga menjelaskan berbagai perjuangan Abdurrahman dijalan Allah baik harta,tenaga,nyawa,waktu dan semua yang ia miliki demi tegaknya agama Allah. Sungguh pada bagian ini kita akan mendapatkan ispirasi bahwa kekayaan yang miliki oleh Abdurrahman tidak menjadikan ia lalai untuk berjihad. Ini merupakan ispirasi bagi setiap muslim bahwa mereka harus memperjuangkan rezekinya karena dunia merupakan ladang untuk mengumpulkan bekal bagi kampung akhirat kelak.


Cover Buku Orang Kaya dijamin Masuk Surga 

Mozaik Tiga : Kisah-Kisah Kedermawanan Abdurrahman bin Auf 
Pada mozaik ketiga ini akan menggambarkan berbagai kisah bagaimana Abdurrahman memanfaatkan harta yang ia miliki digunakan dijalan Allah sehingga dapat menginspirasi setiap muslim untuk berjuang memanfaatkan harta yang ia miliki. Bahwa harta yang banyak bukanlah sebuah kehinaan tetapi merupakan modal untuk meraih keridaan Allah. Kisah Abdurrahman bin Auf yang mampu memerdekakan 30.000 orang budak. Diriwayatkan oleh Thalhah bin Ubaidillah bahwa penduduk Madina merupakan tanggungan Abdurrahman bin Auf . Belian meminjakan hartanya kepada sepertiga dari mereka, sepertiga yang lain beliau bantu dengan melunasi hutang mereka dan beliau memberikan hartanya kepada sepertiga yang lain untuk menjaga hubungan dengan mereka.

Mozaik Empat : Keistimewaan Abdurrahman bin Auf 
Pada Mozaik keempat akan membahas berbagai keistimewaaan yang dikaruniakan Allah kepada Abdurrahman bin Auf . Berbagai keistimewaan tersebut antara lain Abdurrahman bin Auf menjadi imam sholat Rasullulah, Abdurrahman bin Auf calon penghuni surga, Abdurrahman bin Auf tidak takabur atas kekayaannya, Abdurrahman bin Auf dicintai oleh Rasullullah. Berbagai Keistimewaan ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi kita untuk terus lebih baik dalam hal ketaqwaan.

Mozaik Lima : Pandangan-Pandangan Abdurrahman bin Auf
Berbagai pandangan hidup Abdurrahman bin Auf dalam mencari keridhoan Allah SWT dalam setiap tindakannya dapat menampar dan sungguh membuat kita malu bahwa kita ini sungguh bukan apa-apa. Kita bukanlah Saudagar sukses seperti Abdurrahman bin Auf namun kita masih jauh dari ibadah dan keikhlasan dalam beramal sholeh. Abdurrahman bin Auf dengan pandangan-padangan yang mengganggap dunia itu kecil,tidak berlaku curang dalam berdagang,infaq yang luar biasa yang dalam logika manusia akan membuat miskin. Namun Abdurrahman semakin berhasil dalam berniaga yang dengan harta itu menjadi modal bagi Abdurrahman bin Auf dalam berjuang dijalan Allah.

Mozaik Enam : Wafatnya Abdurrahman bin Auf 
Abdurrahman bin Auf Wafat pada tahun 31 Hijriyah . Abdurrahman bin Auf wafat pada usia 75 tahun. Allah telah mengkaruniakan Abdurrahman tanda-tanda dan kabar gembira akan akhir yang bahagia bagi Abdurrahman bin Auf . Abdurrahman bin Auf dimakamkan di pemakaman Baqi’ dan Allah telah menyiapkan nikmat yang kekal bagi Abdurrahman bin Auf di Surga. Abdurrahman bin Auf meninggalkan empat orang istri yang masing-masing dari Istri beliau mendapatkan warisan yang secara keseluruhan berjumlah empat ratus ribu dinar. Sungguh Allah telah mengkaruniakan akhir yang indah bagi Abdurrahman bin Auf . Hendaknya kisah indah Abdurrahman bin Auf ini dapat mengispirasi kita untuk memanfaatkan setiap potensi yang telah dikaruniakan oleh Allah kepad kita . Untuk kita gunakan dijalan kebaikan,Jalan kebenaran menuju sang Pencipta kita.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button