"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Sunday 28 May 2017

Kenyataan dari Kehidupan Dunia...

“ Seandainya....seandainya aku berusaha keras dalam hidupku..
Barulah kita akan sadar bahwa kehidupan sesungguhnya adalah kehidupan setelah akhirat. bukanlah kehidupan yang sementara dan tidaklah bearti ini, yang kita tersibukan olehnya..Dunia ini adalah penjara bagi orang mukmin..yakni orang-orang yang mecintai Allah ,yang menginginkan surganya ,itulah seorang mukmin. Apakah engkau termasuk diantara mereka wahai saudaraku ? Jika engkau menginginkan surga maka berusahalah untuk menggapainya.. “ Apakah kamu puas dengan kehidupan dunia ? Padahal kehidupan di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) akhirat hanyalah sangat sedikit 9: 38 “. 

Pada akhirnya kita semua akan MATI via https://tulisankimia.wordpress.com

Wahai manusia berusahalah untuk kehidupan akhiratmu karena sungguh aku telah melihat dalam hidupku. Orang-orang yang mengejar akhirat juga mendapatkan dunia.. Dunia mendekat kepadanya..dunia berlari menuju dia. Tetapi aku tidak pernah melihat seseorang yang berusaha untuk dunia juga akan mendapatkan manfaat untuk akhiratnya .. Kita hidup ditempat yang tidaklah kekal.. tetapi merupakan tempat yang ditakdikan untuk berakhir..Tempat yang hanya sementara..yang ada sebelum alam yang kekal..dan tempat ini dinamakan dunia. Tempat ketinggian..dan kerendahan..Tempat hamba Allah SWT menempuh perjalanan menuju..Allah SWT. Dan ini adalah kenyataan dari kehidupan kita, kita sedang dalam perjalanan menuju Allah SWT. Dan Allah SWT menjelaskan perjalanan ini dalam kitab-Nya. Allah SWT mengumpamakan perjalanan kita bagaikan petani yang menggali dibawah panas matahari dengan cangkulnya menggemburkan tanah agar bisa menanam untuk mendapatkan hasil panen. Wahai saudara-saudariku aku memiliki pertanyaan untukmu . Apa yang kamu inginkan ? Apa yang engkau harapkan ? Apa yang engkau nanti-nanti untuk engkau capai ? Apa yang engkau nanti-nanti untuk engkau capai wahai saudara-saudariku ? Apakah itu yang begitu engkau dambakan ? Apakah itu yang begitu engkau cita-citakan ? Apa itu ? Tanyakanlah hal itu pada dirimu ! Apa ambisimu ? Apakah engkau menginginkan istri yang cantik ? Atau suami yang tampan ? yang memiliki popularitas.. yang diinginkan oleh semua orang ..Agar engkau dapat pamer dengannya. Apakah engkau menginginkan tempat tinggal yang indah dan harta yang berlimpah ? Itu yang engkau inginkan ? Atau Apakah engkau menginginkan untuk meraih karir yang panjang dan tetap menjanjikan ?

kesuksesan dunia via https://www.dream.co.id

Itukah yang engkau nantikan ? Apakah engkau mendambakan tempat tinggal yang megah ,tanah yang luas atau mungkin malah berniat kelak untuk dapat membeli pulau pribadi ? Apakah engkau menginginkan kepopuleran ,ketenaran dan kekayaan ? Apakah engkau menginginkan semua itu terjadi ? Jika semua itu yang engkau dambakan,engkau impikan dan engkau cita-citakan ..maka wahai saudara-saudariku engkau telah tertipu ..Engkau telah tertipu oleh dunia ini,segala kekayaan,segala keindahannya..karena semua keindahan yang kamu lihat dihadapanmu..sebagaimana telah dijelaskan oleh Al-qur’an bagaikan tanaman bunga yang tumbuh diatas tanah yang disirami oleh air hujan yang kemudian mekar..memiliki aroma yang wangi dan terlihat indah..tetapi hal itu hanya bertahan sebulan... atau malah kurang dari sebulan.

mawar yang kehilangan indahnya via https://pixabay.com

Dan tiba-tiba bunga tersebut mulai layu dan engkau tidak akan memperhatikannya lagi seperti bunga itu tidak pernah ada . Dan menjadi tanah dan debu.

Kecintaan terhadap dunia akan menghancurkan kita tanpa terkecuali ..Namun mungkin kita akan membantah..” Tidak saudaraku ,aku tidaklah mencintai dunia..Namun Allah SWT berfiman : “ Dan kalian mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan .” –(AL-Fajr : 20) . Kita mencintai hal yang sia-sia, kita mencintai hal-hal yang akan kita tinggalkan..Kita bergantung kepada sesuatu yang tidak bermanfaat..dan hal inilah yang membunuh kita semua. Pernahkan kita berpikir kenapa ada beberapa orang yang dapat menangis dalam ibadahnya..hati mereka begitu lembut..sedangkan betapa kerasnya hati kita.
menangis dalam munajat via http://intidoa.blogspot.co.id

Hal ini dikarenakan hati yang seharusnya digunakan untuk mencintai Allah malah kita gunakan untuk mencintai dunia dengan segala macam pernak-perniknya. Sekarang adalah saatnya wahai saudaraku untuk memikul tanggaungjawab dan menggengamnya dengan tanganmu . Sekarang saatnya untuk mengingat Ayat-Ayat Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surat AT-Taubah , Apa yang Allah katakan ? Hai orang-orang yang beriman ada apa denganmu ? Mengapa bila dikatakan kepadamu “ Berangkatlah untuk berperang dijalan Allah “. Kau merasa berat dan ingin tinggal ditempatmu . Apakah kamu lebih menyenangi kehidupan dunia ? Padahal kenikamatan hidup di dunia dibandingakan dengan kehidupan Akhirat hanyalah sangat sedikit. Wahai Saudara-Saudari Islamku, Jika engkau lebih memilih dunia ini daripada Akhirat ,Maka demi Allah, Allah akan mempermalukan kita didunia dan dia tidak akan menghilangkannya sampai kita kembali kepada-Nya.  Saudara-Saudariku Seislam,Pernakah kamu melihat bagaimana Allah mempermalukan orang-orag itu ?  
Yang memilih kehidupan dunia daripada Akhirat ,memalukan ! .Dan demi Allah pernahkan engkau melihat contoh orang-orang yang Allah berikan hidayah untuk memilih Akhirat daripada dunia , Al-Hasan Al-Basri Rahimahumullah berkata dalam suatu riwayat yang sangat indah “ Wahai sekalian manusia berjuanglah untuk akhiratmu, karena sungguh aku telah melihat dalam hidupku,orang-orang yang berjuang untuk akhiratnya juga mendapatkan dunianya,dunia yang datang mengejarnya. 

Hasan Basri Quote via http://www.katakata.co.id

Tetapi aku tidak pernah melihat orang yang bekerja keras untuk dunianya mendapatkan manfaat untuk akhiratnya .” Tanyakanlah kepada dirimu sendiri untuk apa engkau habiskan sebagian besar waktumu ? Seperti kata para ulama , “ Sesungguhnya kecintaan kepada dunia dan akhirat layaknya sebuah timbangan,Jika salah satunya berat maka yang lainnya menjadi ringan . “ Saudara-Saudariku seiman,Jika nabi kita Muhammad SAW hadir diantara kita,dan beliau mengatakan “ Wahai manusia ikutlah denganku menuju jalan Allah .” Apakah jawaban yang akan kita berikan kepada rasulullah SAW. 

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an : “ Ketahuilah..Pahamilah..Sadarilah ..bahwa kehidupan dunia ini hanyalah permainan,senda gurau,perhiasan,bersaing..Siapa yang bisa mendapatkan rumah yang paling bagus..Siapa yang memiliki mobil yang paling cepat ..Siapa yang terlihat paling cantik ..Siapa yang bisa mendapatkan uang yang paling banyak..Dan inilah kenyataan dari kehidupan dunia ini,Setiap orang bersaing untuk menjadi yang terbaik,meraih kedudukan yang tinggi..Ya,Kehidupan adalah tantangan..saling menantang..Orang-orang yang menginginkan uang yang banyak ..Anak-anak yang banyak agar kehidupannya terjamin..Ia akan mekar untuk sementara waktu dan ia akan layu. 

Wahai Saudara-Saudariku..Jika ini yang engkau rindukan,dambakan dan tunggu-tunggu..Aku dengan sangat sedih mengatakan bahwa engkau benar-benar rugi..Karena Saat engkau mati,kita semua akan mati,engkau hanya akan meninggalkan semua itu. 

Subhanallah .. semuanya ? Kita akan meninggalkan semuanya ? Apa yang Rasullulah Saw sabdakan dalam sebuah hadist ? Beliau mengajarakn kita semua ..” Tiga hal yang akan mengikuti mayyit ke kuburan , keluarganya,hartanya dan apanya ? dan amalnya . yang baik ataupun yang buruk. 

Dua hal akan kembali, Lihatlah semua keluarga kita..MasyaAllah....
Saudaramu,Ibumu,Ayahmu,Istrimu,Anak-Anakmu,Orang-orang yang paling berharga dalam hidupku.

Tak peduli seberapa besar mereka mencintaimu..Tak peduli seberapa besar mereka menyayangimu..Apa yang akan terjadi ? Mereka akan datang..mengiringi jenazah..beberapa tetes air mata...Kemudian apa yang akan terjadi ? Apa yang akan terjadi ? Seberapa lama mereka akan menunggumu di pemakaman ? mereka menguburkanmu ..menunggumu selama 1 jam..2 jam.. kemudian apa ? mereka harus pergi.
Keluarga bahagia via https://www.kompasiana.com
 
Seberapapun besar cinta mereka ..mereka akan meninggalkanmu..mereka akan pergi..Istrimu mungkin akan menikah lagi..Ibumu akan melupakanmu..Anak-anakamu..Ini..itu..Kehidupan terus berjalan..Kehidupan terus berjalan...Tetapi apakah yang akan tetap bersamamu ? Apa yang akan tetap bersamamu sebagai sebuah anugrah di dunia dan di akhirat ? ..Agama ini akan tetap bersamamu ..menyelamatkamu di kubur..Menyelamatkanmu di Siraat ..Menyelamatkanmu di hari kiamat. Keluargamu ? Bagaimanapun engkau mencintai mereka..Kau mengerti betapa berharganya mereka..Aku memiliki ikatan batin dengan mereka.

mengiringi jenazah menuju kubur via http://www.tribunnews.com
 
Uangmu ? Aku bekerja keras..Seberapa keras kita bekerja untuk mendapatkannya ? Jika seseorang kehilangan Rp.100.000.000,00 hal apakah yang akan terjadi padanya..? Pernahkah kamu melihat seseorang yang kehilangan Rp.100.000.000,00 dalam sehari ? Apa yang terjadi padanya ? Dia mungkin akan mulai kehilangan kesadaran dan jatuh pingsan .. Sudah sering kita dengar beberapa oarang yang tewas kena serangan jantung karena tidak kuat menghadapi kenyataan bahwa ia kehilangan uang yang telah diupayakan begitu keras ketika sahamnya anjlok di bursa saham ? Ia bekerja keras untuk uangnya. 

saham yang jatuh yang senantiasa kita khawatirkan via http://kpf-bpp.blogspot.com/

Tetapi pernahkah engkau melihat seseorang menangis di masjid ? dan ketika engkau tanya kenapa saudaraku ? Kemudian dia berkata “ Wallahu aku kehilangan sholat subuh berjamaah di masjid..Dia menangis karena melewatkan sholat subuh berjamah dimasjid ..memangnya kenapa ? Jika kamu kehilangan anakmu,orang-orang akan mengerti kenapa kamu menangis. Jika kamu kehilangan mobilmu orang-orang juga akan mengerti kenapa kamu bermuka murung. Tetapi Jika kamu kehilangan Sholat Subuh berjamaah dimasjid, Apa ? memangnya kenapa ? Kurang dari 1% umat Rasulullah SAW pada jaman ini yang sholat subuh berjamaah dimasjid . Apa yang Rasulullah Katakan ? Beliau mengatakan “ Jika kalian tahu pahala sholat subuh dan isya berjamaah di masjid, kalian akan datang walaupun dengan merangkak...merangkak..

subuh berjamaah via http://www.ensonhaber.com

Dunia ini adalah tempat dimana Rasullulah SAW pernah ada dan apa yang beliau katakan ? “ Dunia ini hijau dan indah,Allah SWT telah memberimu tanggungjawab di dunia ini,untuk melihat untuk menguji. “ Apa nasihat Rasullulah SAW ? “ Berhati-hatilah kalian terhadap dunia,Jangan biarkan dunia ini menipumu,jangan biarkan dunia ini membodohimu. “

Setiap oarang yang sekarang ini, jika mereka diingatkan .”Saudaraku datanglah ke masjid..kembalilah kepada Allah .” Mereka akan menjawab : “ Demi Allah Aku sibuk..Aku sibuk..Aku Sibuk..Aku Tidak Punya waktu .” Namun apakah makasudmu dengan tidak punya waktu ? Apa maksudmu kamu tidak punya waktu ? Sadarilah wahai saudaraku inilah alasan mengapa kau diciptakan,inilah tujuan keberadaanmu..Alasan keberadaanmu adalah untuk menjalani ujian agama ini..Agama,Engkau diciptakan untuk agama ini,untuk beribadah,kau disini untuk menjalankan agama ini. Lalu engkau mengatakan “ Aku Sibuk ? “ Apa yang Allah Firmankan dalam Al-Qur’an ? “ 

Jangan pernah biarakan,jangan biarkan ,Anak-anakmu atau hartamu,melalaikanmu dari mengingat Allah SWT,Siapapun yang jatuh dalam kesalahan ini ? Dan sungguh mereka adalah orang-orang yang merugi. Mari kita coba jujur saja dan lihatlah sekeliling kita . Apa alasan mereka ? Mereka selalu mengatakan : “ Demi Allah aku sibuk..Aku Sibuk..Aku tidak punya waktu untuk agama ini, Aku tidak punya waktu untuk Al-Qur’an , Aku tidak punya waktu untuk ke masjid ,Aku tidak punya waktu untuk belajar Agama,Aku tidak punya waktu untuk berdakwa, Aku tidak punya waktu..Aku tidak punya waktu....

waktu yang terbuang dan kita sesali via https://islamedia.web.id

Tidakkah kalian mendengar Firman Allah SWT ? Tidakkah kalian mendengar ayat ini ? Ketika Allah SWT mengingatkan kita “ Jangan biarkan..Jangan pernah biarkan..Anak-anakmu dan hartamu membuatmu lalai dari mengingat Allah SWT . Jika engkau jatuh dalam kesalahan ini dan sungguh engkau adalah orang yang merugi. 

Sungguh Allah SWT tidak membutuhkan kita , Allah tidak membutuhkan kita siapapun kita . Kita yang membutuhkan Allah SWT , Untuk menuntun kita,Untuk menolong kita,memberikan petunjuk kepada kita. Wahai para hamba Allah, Dialah Allah SWT yang mengatakan dalam sebuah hadist Qudsi ,” Wahai anak Adam , Kalian berbuat dosa siang dan malam.Dan Allah SWT yang mengampuni semua dosa . Mintalah ampunan untuk dosa-dosamu dan anggaplah dosamu yang telah diampuni ..Allahu Akbar . 

ingat mati karena kita semua akan kembali via http://stiba.ac.id

Dialah Allah SWT yang mengatakan :“Wahai anak Adam,Seandainya engkau berbuat dosa,engkau hidup dengan penuh dosa ,

luasanya ampunan Allah via http://wanitasalihah.com

Sampai dosamu begitu banyaknya sampai memenuhi langit ,Kemudian engkau meminta ampunan kepada Allah SWT ,Allah akan mengampunimu, Bahkan Allah tidak lagi memperdulikan dosamu yang telah lalu.“

Sumber : Diterjemahakan dari video yang sangat inspiratif dari mercifull servant ( https://www.youtube.com/watch?v=OINl0UGnwwk&t=21s ) 

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button