"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Saturday 23 April 2016

Sejarah dan Fakta Unik Hari Buku Sedunia 23 April

         Budaya Literasi merupakan hal yang penting untuk dikembangkan. Buku merupakan Instrument penting yang mendukung budaya literasi tersebut. Meskipun membaca buku merupakan hal yang mungkin membosankan tetapi sejatinya setiap orang menyukai membaca buku hanya saja ia belum menemukan genre buku yang tepat baginya. Ternyata buku juga punya ulang tahunnya . ya setiap tanggal 23 April diperingati sebagai hari buku sedunia.

world book and copyright day via www.un.org
          UNESCO ( United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization ) adalah organisasi yang menetapkan bahwa tanggal 23 April adalah Hari Buku Sedunia atau  World Book and Copyright Day . Tujuan dari UNESCO menetapkan hari buku adalah untuk  mempromosikan budaya membaca, penerbitan dan hak cipta.Ada beberapa fakta unik dibalik hari buku sedunia ini yaitu :
1.Hari Buku Dunia dirayakan untuk pertama kalinya pada 23 April 1995.
2.Penetapan hari buku pertama kali digagas pada tahun 1923 oleh penjual buku di Catalonia, Spanyol. Namun ide aslinya berasal dari penulis Valencia Vicente Clavel Andrés, untuk menghormati penulis Miguel de Cervantes, yang meninggal pada tanggal ini.
2.UNESCO menetapkan 23 April sebagai hari buku karena bertepatan dengan  kematian William Shakespeare ,kematian Inca Garcilaso de la Vega, kematian Miguel de Cervantes Prize .
3.Pada 1923 Cervantes Don Quixote dibaca selama dua hari berturut-turut (readathon atau baca buku marathon) dan Miguel de Cervantes Prize disajikan oleh raja Spanyol di Alcala de Henares.
4.Di Inggris, World Book Day diadakan pada tanggal yang berbeda yakni setiap hari Kamis pertama di bulan Maret, karena pada tanggal 23 April adalah hari liburan sekolah Paskah serta 23 April juga merupakan Hari St George ( Hari Nasional Inggris ) .
5.The Reading Agency sebuah badan amal independen Inggris  tetap merayakan malam buku sedunia pada tanggal 23 April .

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button