"Resep sukses adalah belajar disaat orang lain tidur, bekerja disaat orang lain bermalasan, mempersiapkan disaat orang lain bermain, dan bermimpi disaat orang lain berharap." – William A Ward –

Wednesday 27 January 2016

Resensi Buku Etika Enjiniring Edisi Kedua

Judul Buku         : Etika Enjiniring

Judul Asli           : Enginering Ethics

Penulis                : Charles.B.Fleddermann

Jumlah Halaman : x + 180 hlm

Tahun Terbit       : 2006

Penerbit               : Erlangga

Seorang Insinyur memiliki profesi yang berdampak luas terhadap masyarakat dan keselamatan publik serta dapat mempengaruhi kondisi politik dan perekonomian suatau negara. Hal ini dikarenakan produk hasil rancangan dan desain dari para insinyur dipergunakan secara luas oleh publik. Oleh karena itu diperlukan pendidikan moral Etika bagi para insinyur agar dapat mendesain produk,mengambil keputusan serta mengatasi konflik kepentingan yang mungkin dihadapai oleh para insinyur sepanjang karir mereka.
                
Gambar Sampul Buku

Dalam buku Etika Enjiniring karya Charles.B.Fleddermann ini yang merupakan seorang profesor di Departemen Teknik Elektro dan Komputer,University of New Meksiko akan membahas tentang pengertian profesionalisme dan Kode Etik,Memahami masalah-masalah yang dapat dihadapai oleh para insinyur serta teknik pemecahan masalah yang dapat dipilih. Buku ini juga membahas tentang pengutamaan desain yang aman dan memberi pamahaman bagi para insinyur akan hak dan kewajiban mereka dalam menjalankan profesi enjiniring mereka.

Buku ini layak menjadi bacaan bagi para insinyur maupun calon insinyur agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi permasalahan enjiniring yang ada. Memang tidak akan ada solusi pemecahan masalah yang benar-benar sempurna. Namun akan tetap akan selalu ada solusi terbaik dengan meminimalisir resiko dan kerugian yang tidak perlu.

No comments:

Post a Comment

Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button